Mengajar Paud Anak Langit : Hari ke-1
Anggota yang Hadir :
- Chelsy Harvel I. / 2001625585
- Emil Andreas / 2001581570
- Glady Miranda I./ 2001624576
- Kemala Tri E./ 2001614493
- Michael Braya / 2001589264
- Steven Yeremia I./ 2001566992
Anggota yang Tidak Hadir : -
Hari Rabu, 22 Maret 2017. Hari ini adalah hari pertama kami mengajar di Paud Anak Langit. Kami datang pada waktu yang sudah di sepakati yaitu pada pukul 13.00 WIB. Pada saat itu siswa/i anak langit belum datang dan masih di jemput oleh odong - odong. berikut ini adalah foto odong - odong yang di gunakan untuk antar jemput anak - anak dari paud anak langit.
setelah mereka datang, mereka mulai memasuki kelas bersama dengan mahasiswa UPH. Sebelum pembelejaran di mulai kelompok kami memperkenalkan diri dan tujuan kami datang ke paud tersebut. pada hari ini hanyak sekitar 15 orang yang datang namun, mereka sangat bersemangat untuk belajar pada siang hari itu. beberapa dari mereka banyak yang di temani oleh ibunya.
kegiatan pertama dimulai dengan berdoa bersama. Mereka ditanya untuk siapa yang memimpin berdoa. dan salah satu anak dari paud anak langit yang bernama Ainun mengangkat tangan untuk memimpin doa. Setelah ber doa sebelum belajar, mereka bernyanyi lagu anak - anak bersama.
setelah kegiatan awal sudah selesai dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar. Hari ini, setiap Rabu mereka belajar matematika. Sebelum di mulai mereka membagi menjadi 2 kelompok. yaitu TK A dan TK B. TK
A berjumlah 10 siswa dan TK B berjumlah 4 siswa. Kelompok kami juga dibagi
menjadi 2 kelompok, 4 orang (Glady, Emil, Braya dan Steven) berada di TK A
sedangakan 2 orang (Chelsy dan Kemala) berada di TK B. Untuk TK A mereka belajar mengenal angka
mulai dari angka 1 sampai angka 10 dan latihan menulis angka. Setiap siswa TK A
harus menuliskan angka 1 – 10 dibuku tulis masing – masing. Kami membantu
mereka mengingat angka karena banyak diantara mereka yang masih tertukar dalam
mengahafal angka. Setelah menulis 1 – 10 buku mereka akan di nilai. Dan setelah itu satu persatu dipanggil kedepan untuk di tes
menulis di papan tulis. Anak – anak TK A sangat antusias dalam belajar
matematika.
Pembelajaran Matematika TK A |
Sedangkan
TK B mereka belajar tanda penjumlahan,
pengurangan, perkalian dan pembagian. walaupun mereka hanya ber - 4 namun, mereka sangat semangat jika di panggil kedepan untuk d tes menghafal angka, tanda dan menghitung di papan tulis. Mereka juga di dikte kan soal dan harus menulis di buku tulis masing - masing dan menjawabnya total soal ada 3 mengenai penjumlahan dan pengurangan. saya (kemala) dan chelsy membantu mereka dalam menulis soal, karena mereka masih kesulitan dalam mengingat angka dan tanda tambah, kurang, kali dan bagi. beberapa dari mereka juga belum lancar dalam mengurangan. kami membantu mereka dalam pengurangan menggunakan metode jari dan bercerita perumpamaan.
Pembelajaran di TK B |
Setelah 60 menit belajar, mereka akhirnya mendapat waktu untuk istirahat selama 15 menit. Saat beristirahat mereka biasa pergi keluar untuk jajan bersama orangtua mereka masing - masing. ada beberapa dari mereka juga yang membawa bekal dan makan bersama ibunya. Selama waktu isitirahat kelompok kami menyiapkan barang - barang yang akan kami gunakan untuk mengajari soft skill.
Setelah 15 menit tepatnya pukul 14.15, akhirnya mereka kembali ke dalam kelas dan pada sesi ini kelompok kami di tugaskan untuk mengajarkan mereka soft skill. Kami akan membuat gantungan kunci mengunakan bahan dasar tanah liat sintetis / clay. Pada pertemuan pertama kami baru mengenal alat dan bahan yang akan digunakan. Anak - anak merasa penasaran dengan clay yang kami bawa. karena penasaran kami mengizinkan satu - satu untuk memegang clay tersebut. namun, kami memberi peringatan untuk tidak memakan clay tersebut karena berbahaya jika di telan.
alat - alat yang kami perkenalkan kepada siswa/i anak langit :
kami juga memberi tahu mereka bahwa kita akan membuat gantungan berbentuk panda dan bunga. Kami akan memulai membuatnya pada pertemuan selanjutnya. setelah mendengarkan penjelaskan dari kelompok kami dan mereka diberikan PR matematika pada pukul 15.00 mereka kembali kerumah masing- masing dan kamu juga kembali ke kampus.
berikut ini adalah laporan absensi :
berikut ini adalah laporan absensi :
Komentar
Posting Komentar